• 08 AUG 14
    • 0
    Penyebab Sakit Gigi

    Penyebab Sakit Gigi

    Sakit gigi merupakan hal yang sangat menganggu bagi kita yang pernah mengalaminya. Sakit gigi seringkali muncul tiba-tiba dan menyebabkan kita sulit makan, malas berbicara dan bahkan mengganggu aktivitas kerja kita. Berbagai cara sering kita lakukan untuk mengurangi rasa sakit gigi seperti berkumur dengan obat kumur, minum obat penghilang rasa sakit, menempelkan koyo dll, akan tetapi seringkali rasa sakit hanya hilang sesaat dan setelah itu muncul kembali. Untuk dapat mengobati sakit gigi, maka kita perlu mengetahui tentang penyebab sakit gigi.

    Berikut kami jelaskan mengenai beberapa penyebab umum munculnya sakit gigi dan perawatannya:

    Gigi Berlubang Besar

    Gigi berlubang besar biasanya merupakan penyebab utama munculnya rasa sakit pada gigi. Rasa sakit yang muncul bisa secara mendadak tanpa ada rangsangan maupun bisa karena adanya rangsangan misalnya ketika kita makan. Rasa sakit yang ditimbulkan dari gigi berlubang biasanya hebat, sangat mengganggu dan seringkali bisa disertai bengkak di sekitar gigi. Penyebab dari rasa sakit yang timbul biasanya karena syaraf gigi terinfeksi oleh kuman-kuman yang terdapat pada lubang gigi.

    Perawatan: Tindakan perawatan yang dilakukan biasanya berupa perawatan saluran akar (root canal treatment). Perawatan saluran akar diperlukan untuk membersihkan syaraf gigi yang telah terinfeksi kuman-kuman sehingga tidak menimbulkan lagi rasa sakit lagi.

    Tumbuhnya Gigi Bungsu

    Gigi bungsu atau gigi geraham terakhir yang tumbuh seringkali menimbulkan rasa sakit dan terkadang disertai bengkak disekitar gigi. Gigi bungsu biasanya tumbuh sekitar umur 17-25 thn. Rasa sakit yang timbul biasanya mendadak dan terkadang menyebabkan kita sulit untuk membuka mulut. Penyebab rasa sakit yang muncul biasanya karena ada dorongan tumbuh dari gigi tersebut dan bisa juga karena adanya sisa makanan yang terselip di antara gusi disekitar gigi tersebut.

    Perawatan: Jika gigi tersebut tumbuh secara normal (posisi tidak miring) maka biasanya dalam waktu kurang lebih 2 minggu rasa sakit akan hilang dengan sendirinya. Jika posisi gigi tersebut tumbuhnya miring maka disarankan untuk segera dilakukan operasi pengambilan gigi bungsu. Jika terdapat sisa makanan yang terselip maka disarankan untuk dilakukan pembersihan secara seksama oleh dokter gigi untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak serta mencegah terjadinya lubang baru.

    Sisa Akar Gigi

    Sisa akar gigi yang tertinggal atau dibiarkan seringkali bisa menjadi penyebab timbulnya sakit gigi. Sisa akar gigi merupakan benda mati dan oleh sebab itu sebaiknya dibuang karena dapat menjadi tempat sumber infeksi dan dapat menjadi jalan masuknya kuman-kuman kedalam tubuh kita. Rasa sakit yang muncul bisa secara mendadak maupun bisa karena adanya rangsangan seperti ketika kita makan. Penyebab rasa sakit dikarenakan adanya infeksi kuman-kuman yang masuk kedalam sisa akar gigi.

    Perawatan: Mencabut sisa akar gigi tersebut sehingga tidak lagi menjadi sumber infeksi bagi tubuh.

    Penyakit Gusi

    Rasa sakit gigi bisa disebabkan juga karena adanya infeksi pada gusi disekitar gigi tersebut. Infeksi biasanya disebabkan karena adanya karang gigi yang menumpuk tebal dan tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama sehingga menyebabkan munculnya penyakit gusi. Penyakit gusi yang muncul jika dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan tulang penyangga gigi sehingga gigi bisa goyang. Rasa sakit yang muncul biasanya spontan dan cukup mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

    Perawatan: Perawatan dilakukan dengan cara pembersihan karang gigi dan pembersihan jaringan gusi yang terinfeksi oleh kuman-kuman serta dibantu dengan pemberian obat-obatan.

    Gigi Patah

    Gigi yang patah bisa juga menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit yang ditimbulkan bervariasi mulai dari hanya berupa rasa ngilu pada saat minum dan makan makanan dingin maupun hingga munculnya  rasa sakit yang terus menerus. Rasa sakit muncul dikarenakan adanya bagian syaraf gigi dan dentin yang terbuka sehingga gigi menjadi sakit dan sensitif.

    Perawatan: Perawatan yang dilakukan tergantung besarnya patahan pada gigi tersebut, jika hanya kecil bisa dilakukan penambalan sedangkan jika patahan gigi sudah besar dan mengenai syaraf gigi maka diperlukan tindakan perawatan saluran akar (root canal treatment). Apabila ternyata patahan gigi sudah mencapai hingga bagian akar gigi maka gigi tersebut harus dicabut.

    Gigi Goyang

    Gigi yang goyang biasanya menimbulkan rasa sakit ketika kita makan sehingga membuat kita sulit untuk menikmati makanan. Penyebab gigi goyang sangat bermacam-macam.

    Perawatan: Tindakan perawatan yang dilakukan biasanya disesuaikan dengan penyebab kegoyangan gigi tersebut. Pada beberapa kasus jika gigi sudah terlalu goyang maka terkadang diperlukan tindakan pencabutan gigi. 

    Gigi Sensitif

    Gigi yang sensitif lebih condong menimbulkan rasa ngilu daripada rasa sakit. Salah satu penyebab gigi sensitif adalah karena adanya bagian akar gigi yang terbuka sehingga gigi menjadi lebih peka terhadap rangsangan yang ada. Rasa sakit biasanya muncul hanya ketika kita minum dan makan makanan dingin.

    Perawatan: Tindakan perawatan yang dilakukan biasanya adalah dengan menutup (menambal) bagian akar gigi yang terbuka sehingga tidak menimbulkan rasa ngilu lagi di kemudian hari.

    Tambalan Gigi yang Bocor

    Tambalan gigi yang bocor biasanya menimbulkan rasa sakit, hal ini disebabkan karena munculnya lubang baru dibawah tambalan tersebut. Lubang baru tersebut seringkali besar dan mengenai syaraf gigi sehingga menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit yang timbul biasanya spontan.

    Perawatan: Tindakan perawatan dilakukan tergantung dengan letak dan ukuran lubang baru yang muncul, jika terkena syaraf gigi maka diperlukan tindakan perawatan saluran akar (root canal treatment), sedangkan jika belum mengenai syaraf bisa dipertimbangkan untuk dilakukan penambalan ulang.

    Tambalan Gigi yang Terlalu Tinggi

    Tambalan gigi yang terlalu tinggi juga bisa menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit yang muncul biasanya ketika kita mengunyah makanan atau menggigit. Gejala ini biasanya muncul kurang lebih setelah 2-3 hari dilakukan penambalan gigi.

    Perawatan: Perawatan dilakukan dengan penyesuain tinggi tambalan tersebut sehingga bisa menghilangkan rasa sakit pada gigi tersebut. 

    Dengan melakukan kontrol rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali maka dapat menghindarkan kita dari sakit gigi.

    Salam Sehat

    Dentalogy Dental Care

    Leave a reply →

Photostream